Ads 468x60px

Definition List

Search

10/22/12

Contoh Tradeoff


Tugas Pengantar Ekonomi Mikro



1. Berikan 3 contoh tradeoff yang Anda alami di kehidupan Anda!

Contoh tradeoff :

1. Istirahat VS bekerja
Waktu merupakan suatu yang berharga, bila kita kehilangan waktu sedetik saja itu akan merugikan. Waktu yang kita miliki sehari semalam adalah 24 jam, sebagian untuk istirahat dan sebagian untuk hal-hal lain. Kita harus mengorbankan waktu yang sebagian itu untuk mencari uang yaitu dengan cara berkerja. Dengan bekerja akan mengorbankan waktu istirahat dan mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2. Makanan Pokok VS Pulsa
Makanan Pokok adalah barang pokok yang seharusnya setiap manusia punyai untuk kelangsungan hidup, karena makan adalah kebutuhan pokok tiap-tiap orang. Sedangkan Pulsa digunakan untuk menunjang komunikasi dengan orang disekitar. Keduanya sangat penting khususnya untuk para mahasiswa. Bila keduanya harus dipenuhi sedangkan sarana yang digunakan untuk membeli tidak mencukupi untuk membeli keduanya, maka harus ada pengorbanan untuk mendapatkan salah satu. Misalnya jika dia lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, yaitu makan maka dia harus mengorbankan diri untuk rela tidak membeli pulsa.
3. Laptop VS sepeda motor
Laptop dan sepeda motor merupakan dua barang yang berbeda. Laptop merupakan sarana untuk menunjang belajar sedangkan sepeda motor untuk menunjang transportasi. Bila sudah mempunyai laptop tapi sangat membutuhkan sepeda motor untuk transportasi maka untuk memenuhi itu harus ada alat tukar yaitu uang. Disini dihadapkan oleh masalah kekurangan uang, sehingga harus mengorbankan laptop untuk mendapatkan sepeda motor.


2. Apakah biaya kesempatan dari menonton film di bioskop?

Biaya kesempatan dari menonton film di bioskop adalah mendapat kesenangan dan kepuasan atas film yang diputar. Selain itu dengan mengeluarkan uang untuk menonton film di bioskop, maka kita dapat menjadi salah satu orang yang bisa menonton film itu untuk pertama kalinya. Ketika kita menonton film di bioskop dengan teman-teman kita, maka kesenangan berkumpul dapat membuat hati kita bahagia.


3. Air sangat penting bagi kehidupan. Apakah keuntungan marginal dari segelas air?

Segelas air akan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi, bila seseorang yang sedang kehausan meminum air pada tegukan awal. Tetapi ketika dia terus saja meminum air itu walaupun dia telah tidak haus. Maka keuntungan marginal akan semakin kecil. Karena sesuatu pasti ada titik puncaknya dan setelah itu akan cenderung turun tingkat kepuasannya terhadap air itu. Bila ia meminum segelas air lagi maka tingkat kepuasannya akan berkurang, semakin ia meminum air dalam waktu yang berdekatan maka makin lama tingkat kepuasannya akan semakin rendah. Tingkat kepuasan dari yang tadinya tinggi hingga menjadi rendah akan mempengaruhi manfaat dari segelas air tersebut. Jadi dapat dikatakan bahwa tingkat kepuasan seseorang dalam minum air akan mempengaruhi Keuntungan Marginal. Keuntungan marginal dari segelas air akan bernilai besar bila air diminum saat orang tersebut sedang kehausan dan akan semakin berkurang bila diminum terus-menerus.


4. Mengapa pembuat kebijakan harus berfikir mengenai insentif?

Intensif merupakan pilihan yang membuat seseorang untuk melakukan sesuatu. Pembuat kebijakan harus memperhitungkan intensif karena ada pilihan lain yang biasanya lebih menguntungkan dari yang sudah ada. Biasanya nilai dari insentif yang digunakan akan lebih tinggi dan lebih menguntungkan.


5. Apa yang “tangan tak tampak” lakukan di pasar?

Tangan tak tampak adalah mereka yang memegang kendali atas berjalannya kehidupan dan aktifitas pasar. Pembeli dituntun untuk membeli barang yang mereka butuhkan dari satu pedagang ke pedagang lain untuk mencari harga yang pas bagi mereka. Tangan tak tampak (pemerintah) kebanyakan mempengaruhi harga pasar. Biasanya hal ini akan mendorong individu atau golongan untuk dapat maju secara ekonomi.


6. Mengapa produktivitas itu penting?

Produktivitas menjadi sangatlah penting karena produktivitas sebagai rasio output dan input suatu proses produksi dalam periode tertentu. Input terdiri dari manajemen, tenaga kerja, biaya produksi, dan peralatan serta waktu. Output meliputi produksi, produk penjualan, pendapatan, karena dengan semakin tinggi produktivitas seseorang maka, kesejahteraan Negara itu dapat bertambah. Karena individunya dapat memproduksi barang/jasa yang tinggi.



No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates