Ads 468x60px

Definition List

Search

3/25/14

Mata Bintitan

 Penyebab dan Penanggulangan Bintitan



Bintitan atau dalam istilah kedokterannya disebut hordeolum bukanlah disebabkan karena kebiasaan mengintip seperti yang sering disebut-sebut dalam mitos. Benjolan kecil pada pinggir kelopak mata ini kerap disertai rasa gatal dan nyeri, yang kemudian dapat bertambah besar layaknya bisul.   

Penyebabnya adalah peradangan muara kelenjar pada lapisan kelopak mata atas maupun bawah dimana terdapat produksi cairan yang berguna untuk fungsi air mata dan keringat. Apabila muara kelenjar itu tersumbat oleh kotoran seperti debu, make-up, dan lainnya; maka timbulah bintitan. Peradangan ini bisa terjadi tanpa atau dengan adanya infeksi bakteri.  

 Penanganan pertama pada bintitan adalah dengan memberikan kompres hangat sambil memijit bagian kelopak yang mengalami bintitan. Kompres hangat akan melunakkan sumbatan yang mengeras sehingga mempercepat penyembuhan. Cara ini cukup efektif dan umumnya bintitan akan membaik dengan sendirinya. Penanganan lainnya adalah dengan antibiotik oleh dokter. Apabila bintitan ‘membandel’ dan tetap tidak mengempis, dokter bisa merekomendasikan insisi atau pembedahan untuk mengeluarkan penyumbatannya. 

Cara yang kedua bisa menggunakan salah satu produk bernama Garnier eye roll-on, anda pasti pernah mendengar ini di TV bukan? gunakan Garnier eye roll-on pada mata anda yang mengalami bintitan. 

Cara yang ketiga menggunakan bawang putih. Yaitu dengan mengoleskannya pada kelopak mata yang terkena bintitan atau pada benjolan di bintitan itu. 

Cara yang keempat Gunakan obat mata tetes. Ada banyak obat mata yang bisa anda beli di apotik. Ini akan membersihkan mata anda dari kotoran-kotoran penyebab bintitan.

Kebiasaan seperti mengucek mata saat tangan kotor adalah kebiasaan kurang baik yang harus dihindari, karena kuman yang berada di telapak tangan akan masuk ke dalam mata dan dapat memicu terjadinya bintitan. Daerah kelopak mata juga harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan debu dan minyak menumpuk. Bagi pemakai lensa kontak, ada baiknya menghentikan pemakaian sementara sampai kondisi membaik. (TR)

Source: http://www.optikmelawai.com

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates