Ads 468x60px

Definition List

Search

7/27/13

Membuat Toko Online (Part 1)


Berbagai Cara Membuat Toko Online (Part 1)
Berbagai Cara Membuat Toko Online - Pernah saya utarakan di dalam artikel saya bahwa halnya ada 4 model bisnis online yang umumnya dijalankan orang-orang, dimana salah satunya adalah menjual produk secara online. Berbicara mengenai menjual produk secara online tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya toko online bukan ? 

Toko online memang menjadi solusi yang sangat baik bagi anda yang memiliki keterbatasan untuk membuat toko konvensional. Selain dengan biaya yang murah, toko online juga sangat-sangatlah berpotensi karena jangkauan pasar di Internet tentunya sangat luas, berbeda jika dibandingkan toko biasa.

Berbagai Cara Membuat Toko Online

Banyak para pemain dibidang toko online ini yang sudah sukses menjual berbagai macam produk mereka dan juga mendapatkan omset yang beragam. Nah, bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis toko online seperti itu, pada artikel ini saya akan memberikan penetrasi atau pengenalan mengenai berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk membuat toko online.

Membuat Toko Online Gratis

Membuat toko online tidaklah harus selalu berbayar. Dalam hal ini kita juga bisa membuatnya secara gratis dengan memanfaatkan layanan dari blogger. Anda tidak perlu memikirkan biaya-biaya seperti sewa hosting dan sewa domain, karena dengan mendaftar di blogger anda sudah mendapatkan paket hosting beserta domainnya.

Berikut saya sertakan 2 contoh toko online dengan menggunakan layanan dari blogger. 

1. Johny Blackstore

Berbagai Cara Membuat Toko Online

                                                                             DEMO

2. Johny Magstore


Berbagai Cara Membuat Toko Online

                                                                          DEMO

Yang perlu anda lakukan : Pastinya anda harus terlebih dahulu memiliki sebuah akun blogger. Bagi anda yang belum punya silahkan baca Cara Membuat Blog di Blogger. Setelah itu anda perlu mencari template blogger yang difungsikan untuk toko online seperti kedua template di atas. Untuk itu, saya sarankan anda menggunakan template dari maskolis.com . Kebetulan saya juga sudah menggunakan template toko onlinehttp://digitalareas.blogspot.com/2013/05/template-toko-online-untuk-blogspot.html tersebut.

(+) Sekedar tambahan, setelah mendowload template tersebut anda harus mengganti template lama anda dengan template tersebut. Baca juga Cara Mengganti Template Blogger.

Lalu, untuk setting dan konfigurasi silahkan baca di website si penyedia template !

Kelebihan : Kelebihannya anda menggunakan cara ini tentu saja gratis dan tidak memakan biaya sepeserpun. Karena mulai dari domain, hosting, dan template semua disediakan gratis. Cocok sekali bagi anda yang ingin mencoba-coba bisnis ini terlebih dahulu.

Kekurangan : Karena domain yang diberikan gratis, tentu saja nantinya domain toko online anda akan berakhiran .blogspot.com. 

Membuat Toko Online Berbayar

1. Prestashop

Bila ada yang gratis tentu ada juga yang berbayar. Untuk yang berbayar kita tidak lagi menggunakan template, melainkan sebuah CMS. CMS yang bernama Prestashop ini memang dikhususkan bagi anda yang ingin membuat website berjenis toko online.

Prestashop memungkinkan anda untuk membuat toko online yang jauh lebih proffesional jika dibandingkan dengan menggunakan blogger. Dimulai dari fitur SSL, katalog, statistik penjualan, statistik pelanggan dan masih banyak lagi fungsi lainnya tentunya sangat cocok untuk anda yang ingin membuat sebuah toko secara serius. Berikut juga saya sertakan 10 alasan kenapa anda harus menggunakan Prestashop.

Adapun contoh tampilan toko online yang menggunakan Prestashop seperti dibawah ini.

Berbagai Cara Membuat Toko Online

                                                                           DEMO

Dan di bawah ini adalah demo untuk back end atau website admin nya nanti. 

Berbagai Cara Membuat Toko Online

                                                                             DEMO

Yang harus anda lakukan : Tentunya anda harus memiliki sebuah nama domain untuk toko online anda dan juga anda harus menyewa hosting tempat anda akan menginstall CMS ini.

Kelebihan : Ini cocok sekali untuk anda yang ingin membangun sebuah toko online secara serius. Karena CMS ini bukan hanya digunakan untuk toko kecil, tapi toko besar pun banyak yang menggunakan CMS ini.

Selain itu, jika anda memiliki banyak pengetahuan mengenai script maka anda bisa mengimplementasikannya ke dalam toko online anda. 

Kekurangan : Walaupun banyak template yang disediakan untuk Prestashop, tapi masih jarang yang bisa didownload secara gratis. Selain itu, bagi anda yang benar-benar awam akan hal ini, tentunya akan sulit untuk membuat toko online dengan CMS ini.

2. Jejualan.com

Cara ini merupakan cara yang terakhir dari pembahasan saya kali ini. Ya, dengan menggunakan layanan dari jejualan.com. Sebenarnya jejualan.com ini lebih mengarah kepada jasa penyedia toko online. Jadi anda cukup membayar biaya sebesar Rp.60.000/bulan untuk toko online kecil menengah dan Rp.200.000/bulan untuk toko online besar.

Nantinya pihak jejualan akan menyediakan hosting dan juga nama domain untuk toko online anda. Anda tidak perlu melakukan setting sana-sini seperti belajar SEO, mencari fitur-fitur E-Commerce, memasang widget ongkos kirim dan masih banyak lainnya. Semuanya sudah disiapkan oleh mereka. Belum percaya, berikut saya sertakan review mengenai jejualan.com.

Yang harus anda lakukan : Karena semua langkah-langkah yang sulit sudah ditangani oleh pihak mereka, jadi anda hanya perlu mengelola toko online anda mulai dari mengupload barang dagangan anda hingga menerima pesanan.

Kelebihan : Bagi anda yang tidak mau repot tentunya dengan adanya layanan seperti ini akan sangat membantu. Anda bisa melewatkan semua langkah yang cukup sulit seperti melakukan penginstallan, setting kemanan website, menerapkan trik SEO dan lain-lain.

Anda pun bisa langsung dengan pakar E-Commerce yang sudah disediakan oleh jejualan.com itu sendiri.

Kekurangan : Sebenarnya saya sedikit bingung untuk menuliskan kekurangannya. Karena untuk masalah fitur tentunya sudah sangat mumpuni, dan soal kredibilitas juga sudah tidak diragukan.


Melalui artikel ini saya sudah mengutarakan 3 cara yang bisa anda pilih dalam membuat sebuah toko online. Ketiga cara tersebut pun ada yang gratis dan berbayar, lalu pilihan tetap ditangan anda. Mau pilih yang gratis atau yang berbayar ? Tentu itu keputusan anda.

Baiklah, saya rasa artikel kali ini mengenai Berbagai Cara Membuat Toko Onlinecukup sampai disini saja. Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates