Ads 468x60px

Definition List

Search

12/29/12

Tugas 8


MEKANISME PASAR DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH
MEKANISME PASAR
Bersifat interaktif bukan fisik. Sedangkan pengertian mekanisme pasar sendiri adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran.

1.
)        Permintaan.
Pengertian pasar menurut ilmu ekonomi adalah bertemunya permintaan dengan penawaran. Sehingga pasar Permintaan adalah keinginan konsumen untuk membeli suatu barang dengan berbagai tingkat harga tertentu dan selama periode waktu tertentu.
Terdapat beberapa factor yang mempengaruhi permintaan suatu barang yaitu:
·         Harga barang itu sendiri.
·         Harga barang  yang  terkait.
·         Tingkat pendapatan perkapita.
·         Selera atau kebiasaan.
2. )       Kegagalan Pasar. Pasar merupakan alokasi sumberdaya yang efisien, namun jika semua asumsinya dapat terpenuhi, antara lain pelaku harus bersifat rasional, memiliki informasi yang sempurna mengenai keadaan pasar, pasar harus berbentuk persaingan sempurna dan barang yang ditawarkan harus bersifat privat. Namun pada kenyataannya apa  yang diasumsikan tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Akibatnya kegagalan pasarpun terjadi
Ada beberapa hal yang menyebabkan kegagalan pasar terjadi, yakni:
1.      Informasi tidak sempurna.
Sering kali kita tidak mengetahui tentang kualitas barang yang digunakan, Sebagai contoh saat kita membeli sebuah mobil, untuk memperoleh informasi mengenai mobil itu seringkali kita menyewa seorang ahli mesin yang terpercaya.

2.      Daya Monopoli
Sering kali kita jumpai dalam sebuah pasar dimana hanya produsen yang menguasai pasar, hal itu terjadi karena produsen lainnya tidak mampu bersaing dengan produsen tersebut. Kemampuan itu menyebabkan barang  yang diproduksi lebih sedikit, sehingga menyebabkan harga  yang  lebih tinggi dibandingkan harga di pasar persaingan sempurna.
3.      Eksternalitas
Eksternalitas merupakan keuntungan atau kerugian yang dinikmati atau diderita pelaku ekonomi sebagai akibat tindakan pelaku ekonomi yang lain. Sebagai contoh: Limbah yang dihasilkan sebuah pabrik dapat mencemari lingkungan sekitar, dan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat sekitar, biaya kerugian tersebut biaya eksternalitas.

B.  KEBIJAKAN  PEMERINTAH
A.   Moneter Sekumpulan tindakan pemerintah di dalam mengatur perekonomian melalui peredaran uang dan tingkat suku bunga.

      Kebijakan ini ditempuh untuk mengantisipasi pengaruh-pengaruh baik yang positif/sebaliknya dari peredaran uang dan tingkat suku bunga yang berlaku di masyarakat. Kebijaksanaan moneter ini dijalankan oleh Pemerintah melalui Lembaga Keuangan,  yaitu Bank Indonesia. Bank Indonesia adalah Satu-satunya Bank Sentral yang memiliki tugas :
1)    Membantu pemerintah dalam mengelola (menyimpan dan meminjami) danapemerintah yang akandigunakan untuk pembangunan.
2)     Membantu para bank umum dalam kegiatan operasional dana yang dimiliki atau dibutuhkannya.
3)    Sebagai Lembaga PengawasanKegiatanLembaga Keuangan, Mengawasi produk-produk yang dikeluarkan oleh masing-masing Lembaga keuangan yang dapat mempengaruhi iklim investasi dan peredaran uang.
4)    Lembaga pengawas kegiatan ekonomi di Sektor Luar Negeri
5)    Memperlancar kegiatan perekonomian dengan cara mencetak uang kartal (logam dan kertas).

B.    Kebijakan Fiskal Suatu tindakan pemerintah dalam mengatur perekonomian  melalui anggaran belanja Negara, biasanya dikaitkan dengan masalah perpajakan. 
   
Kebijaksanaan fiscal juga sebagai Kebijaksanaan pemerintah di sector perpajakan. Pajak dapat dibagi dalam :
                    1.        Pajak Regresif, Pajak yang besar kecilnya nilai harus dibayarkan, ditetapkan berbanding terbalik dengan besar pendapatan wajib pajak.
                    2.        Pajak Sebanding, Pajak  yang  besar kecilnya sama untuk berbagai tingkat pendapatan.
                    3.        Pajak Progresif, Pajak  yang besar kecilnya ditetapkan searah dengan besarnya pendapatan wajib pajak, semakin tinggi pendapatan maka akan semakin besar pula pajak yang harus dibayarkan. 

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates