Ads 468x60px

Definition List

Search

1/13/14

Penentuan Harga Faktor - Faktor Produksi

Penentuan Harga Faktor - Faktor Produksi
Dalam teori produksi konvensional masalah penentuan harga ini berkait dengan upaya pencapaian tingkat keuntungan perusahaan. Dengan kata lain, masalah pokok dari
factor pricing ini adalah bagaimanamenentukan harga dan kuantitas faktor-faktor produksi sedemikian rupa sehingga produksi dapat menghasilkan tingkat keuntungan yang maksimum.
Produktifitas marjinal suatu faktor produksi semakin lama akan semakin menurun sejalan dengan penambahan faktor produksi tersebut. Dengan kata lain, produktifitas marjinal ini mengikuti hukum ‘tambahan hasil yang semakin menurun’ atau law of diminishing marginal product.

Dalam penentuan harga faktor produksi konsep produktifitasmarjinal memegang peranan yang amat penting, sebab ia merupakan ukuran harga faktor produksi yang paling efisien yaitu harga faktor produksi yang akan memberikan keuntungan maksimum bagi produsen. Pendekatan ini memiliki banyak keterbatasan dalam aplikasi pada dunia nyata, sehingga banyak dikritik oleh ekonom-ekonom konvensional sendiri. MenurutJan Pen, sebagaimana dikutip Sadeq (1992), beberapa keterbatasan dari pendekatan ini antaralain:

1.    konsep ini hanya dapat diterapkan pada fungsi produksi yang memiliki homogenitas berderajat pertama, padahal fungsi ini jarang terdapat dalam dunia nyata.Permasalahan akan lebih rumit jika diterapkan pada dua atau lebih fungsi produksi yang lebih realistis.
2.    konsep produktifitas marjinal mengasumsikan adanya persaingan sempurna dalam pasar faktor produksi, di mana semua kekuatan ekonomi terfragmentasi. Tetapi,konsep ini tidak dapat menjelaskan banyak kejadian diskriminasi dalam dunia nyata,misalnya: diskriminasi antara lelaki dan wanita, antara berbagai ras, suku dan kelasdalam masyarakat. Konsep ini juga tidak dapat menjelaskan fenomena kekuatan kolektif (collective bargaining ) yang dilakukan persatuan-persatuan dagang.
3.    konsep produktifitas marjinal juga mengasumsikan adanya wirausahawan yang hanya bertujuan untuk memaksimumkan keuntungan ( profit maximizer) denganmenetapkan tingkat upah sama dengan produk marjinal tenaga kerja (MPL = W). Dalamkenyataan tujuan seorang wirausahawan tidak selalu demikian. Ia mungkin memiliki beberapa tujuan, antara lain:
o  Memaksimumkan tingkat penjualan, misalnya mencapai market share terbesar dalam suatu industry.
o  Mendapatkan tingkat keuntungan rata-rata tertentu dari modal yang diinvestasikannya.
o  Memaksimumkan beberapatujuan lain yang bersifat sosial atau relijius dengan kendala tingkat keuntungan tertentu.
Menurut al Junayd (1992, h. 266-267) kritik terbanyak terhadap pendekatan produktifitas marjinal ini adalah kaitannya dengan faktor produksi tenaga kerja. Kritik yang utama adalah bahwa pendekatan ini merupakan suatu perlakukan de-humanisasi dari tenaga kerja, sebab tenaga kerja diperlakukan sama dengan tanah, modal atau barang fisik lainnya. Pertanyaan yang sering muncul dalam kaitan ini antara lain ‘bagaimana modal bekerjasama dengan tenaga kerja?’Tenaga kerja adalah manusia sementara modal bukanlah manusia dan tidak bisa membuatkeputusan-keputusan yang bersifat mental dan fisikal. Berkaitan dengan kritikan seperti ini biasanya juga dipercayai bahwa tidak harus ada suatu produk marjinal dari tanah atau produk marjinal dari modal, meskipun produk marjinal dari tenaga kerja tergantung kepada jumlahmodal dan tanah yang dimanfaatkan.

PRINSIP DASAR PENENTUAN HARGA FAKTOR PRODUKSI

Permintaan terhadap faktor produksi adalah permintaan turunan (derived demand ) bukanmerupakan permintaan asli ( genuine demand), yaitu sebagai hasil dari permintaan terhadap suatuhasil produksi atau output. Munculnya permintaan terhadap suatu faktor produksi adalah karena adanya pemrintaan terhadap hasil produksi. 

Terimakasih sobat telah membaca artikel Penentuan Harga Faktor - Faktor Produksi. semoga artikel Penentuan Harga Faktor - Faktor Produksi ini bisa menambah wawasan sobat mengenai Penentuan Harga Faktor - Faktor Produksi.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates