Ads 468x60px

Definition List

Search

1/13/14

Sosiologi politik

Sosiologi politik adalah pelajaran tentang kekuasaan dan  persimpangan kepribadian, struktur sosial, dan politik. Sosiologi politik adalah cabang ilmu pengetahuan dimana ilmu politik dan ilmu silang menyilang masyarakat. Disiplin mengunakan sejarah komparatip untuk menganalisis sistem dari organisasi pemerintahan dan ekonomi untuk memahami suasana politik masyarakat. Dengan membandingkan dan menganalisis sejarah, dan data kemasyarakatan, kecenderungan politik dan pola yang muncul. Para pendiri sosiologi politik adalah Max Weber (Jerman) dan Moisey Ostrogorsky (Rusia).

Ada 4 bidang utama dari pusat penelitian di bidang sosiologi politik kontemporer :

1.      Pembentukan sosio-politik negara modern
2.      “Siapa yang menguasai”? bagaimana ketidaksamaan sosial diantara kelompok (kelas, ras, jenis kelamin, dll) mempengaruhi politik.
3.      Bagaimana kepribadian masyarakat umum, pergerakan sosial, dan kecenderungan diluar lembaga resmi dari kekuasaan politik mempengaruhi politik, dan
4.      Hubungan dalam kekuasaan dan antara kelompok sosial ( keluarga-keluarga, tempat kerja, birokrasi, media dll)

Dibidang ini juga terlihat pada bagaimana kecenderungan sosial utama bisa mempengaruhi proses politik, serta menyelidiki bagaimana berbagai kekuatan politik bekerja sama untuk mengubah kebijakan politik. Sosiologi politik mengunakan beberapa teori untuk isu-isu subtantip. Setiap teori menyatakan tidak lengkap tetapi sebenarnya memiliki bebarapa bidang kekuatan karena itu untuk mengatasi isu-isu spesifik dan menjalankan satu-satunya tingkat dari analisis.

Tiga kerangka utama teoritis pluralisme, golongan atas atau teori pengelolaan dan  kelas analisis yang mana saling meliputi dengan analisis maxist. Pluralisme melihat politik terutama sebagai pertandingan bersaing diantara kepentingan kelompok. Seseorang wakil terkemuka adalah Robert Dahl. Golongan atas atau teori pengelolaan terkadang-kadang disebut pendekatan negara pusat. Itu menjelaskan apa negara melihat ketidakleluasaan struktur organisasi negara. Penglolaan setengah otonomi negara, dan kepentingan yang timbul dari negara sebagai organisasi, kekuasaaan memusatkan organisasi. Seseorang wakil terkemuka adalah Theda Skocpol.


Kelas analisis teori sosial menekankan kekuasaan politik kepada golongan atas kapitalis. Teori ini muncul dari Marxism di tahun 1850an didasarkan atas alasan  ekploitasi ekonomi dari satu kelas dengan yang lain. Ini dibagi menjadi 2 bagian : satu adalah struktur kekuasaan atau pendekatan instrumentalis, yang lain adalah pendekatan strukturalis. Pendekatan struktur kekuasaan berpusat pada siapa yang menguasai? Dan perwakilan yang paling terkenal adalah William G. Domhoff. Pendekatan strukturalis menekankan bagaimana cara memperbolehkan satu-satunya ekonomi kapitalis berjalan dan mendorong negara untuk melakukan sesuatu tetapi tidak yang lain. Ini perwakilan yang di ketahui terbaik adalah Nicos Poulantzas. Inovasi terbaik dilapangan datang dari Pragmatisme(aliran) Perancis dan dan terutama dari sosiologi politik dan moral diuraikan oleh Luc Boltanski and Laurent Avenot.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates