Ads 468x60px

Definition List

Search

1/13/14

Pengaruh Teknologi Informasi Untuk Masyarakat

Perkembangan teknologi informasi sangat penting bagi masyarakat dalam hal bersosialisasi dan berinteraksi. Perkembangan teknologi informasi menyebabkan perubahan yang signifikan pada kehidupan masyarakat dalam segala peradaban dan kebudayaan mereka. Saat ini kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan HP, serta internet tidak hanya dinikmati oleh masyarakat kota, namun masyarakat desa pun juga bisa menikmatinya.

    Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi mendorong masyarakat dalam era peradaban baru yaitu era informasi. Ciri-ciri utama era informasi adalah semakin banyak aktivitas sektor kehidupan manusia yang berlangsung dengan perantara atau hanya mungkin terjadi dengan adanya teknologi informasi. Sehingga menyebabkan adanya ketergantungan pada sumber energi, sumber pangan, dan sumber daya strategis lainnya. Apabila terjadi sesuatu hal dalam dunia maya (internet), maka akan berdampak juga dalam dunia nyata.

    Dalam era bisnis globlal, pengaruh kemajuan teknologi informasi tidak bisa dihindari, seperti penggunaan telepon faksimili, komputer, dan satelit dalam berbagai aktivitas sarana berkomunikasi perusahaan. Teknologi informasi memungkinkan manusia untuk memperoleh informasi dari tempat yang berjauhan dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah.

    Teknologi informasi digunakan hanya terbatas pada pemrosesan data. Semakin berkembangnya teknologi informasi, semua aktivitas saat ini telah dimasuki oleh aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi.

    Dalam kehidupan sehari-hari, teknologi informasi memiliki dampak positif dan dampak negatif. Segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat.


PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, menyebarkan informasi. Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan telekomunikasi lainnya. (Maharsi, 2000, hal. 129). Menurut Haag dan Keen (1996) mendefinisikan teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu Anda untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin (1999) teknologi informasi didefinisikan tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Mc Keown (2001) mendefinisikan teknologi informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Secara singkatnya teknologi infomasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan :

•    Lebih cepat
•    Lebih luas penyebarannya, dan
•    Lebih lama penyimpanannya.

DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI

    Kemajuan teknologi informasi membawa dampak bagi kehidupan masyarakat baik dampak positif maupun dampak negatif yang diperoleh akibat kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi kepada masyarakat untuk bertukar informasi dan meminimalkan waktu, tenaga, dan biaya yang diperlukan untuk melakukan pertukaran informasi tersebut.

1.    Dampak Positif Teknologi Informasi

a)    Informasi yang disampaikan lebih up to date dan akurat karena prosesnya cepat
b)    Komunikasi jarak jauh menjadi sangat cepat dan praktis
c)    Menyediakan informasi umum yang dapat menambah wawasan
d)    Dengan internet dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukar informasi melalui pos surat
e)    Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis
f)     Munculnya berbagai jenis jejaring sosial dari adanya teknologi informasi
g)    Dapat dengan mudah mencari informasi tentang suatu hal melalui internet
h)    Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melalui internet
i)      Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
j)      Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perrlu pergi menuju ke tempat penjualan
2.    Dampak Negatif Teknologi Informasi

a.    Munculnya kejahatan baru, misalnya penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank, pencurian informasi berharga melalui sabotase jaringan informasi, virus komputer, penyadapan email, dan lain-lain
b.    Pelanggaran terhadap hak-hak privasi
c.    Pembajakan lagu dan film
d.    Penyebaran hal-hal mengenai pornografi semakin cepat
e.    Munculnya budaya plagiatisme
f.     Dengan mudahnya informasi dicetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya
g.    Dengan semakin mudah berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros
h.    Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung
i.      Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola perubahan pada interaksi
j.      Meluasnya perjudian


MACAM-MACAM TEKNOLOGI INFORMASI

1.    Mesin cetak
2.    Analytical machine
3.    Telegraf
4.    Pesawat telepon
5.    Pita penyimpanan magnetis
6.    TV tabung
7.    Media penyimpanan magnetic tape
8.    Hypertext
9.    Komputer digital
10.  Transistor
11.  Transistor planar
12.  Jaringan komputer desentralisasi
13.  Email
14.  Internet


PERAN KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

1)    Bidang Perbankan
Dalam perbankan, komputer digunakan sebagai sistem uang elektronik (menggunakan ATM, kartu kredit, debit card) untuk menyimpan data, memroses transaksi dan pembayaran tagihan secara online.
2)    Bidang Perdagangan
Komputer sangat membantu memroses data dalam jumlah yang banyak saparti di tempat perbelanjaan untuk menyimpan data transaksi, persediaan barang, pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen. Selain pembayaran secara tunai, juga dapat dilakukan secara elektronik menggunakan credit card atau debit card.
3)    Bidang Perindustrian
Komputer digunakan dalam bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing) untuk menghasikan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangi biaya, dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja.
4)     Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di negara maju, kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.
5)    Bidang Kesehatan
Komputer digunakan untuk membantu dokter menjalankan tugas seperti mendiagnosis penyakit, menghasilkan gambar sinar-X bergerak (CAT-Computer Axial Tomography).
6)    Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran yang dikanal sebagai CBE (Computer Based Education). Selain itu komputer juga digunakan untuk menyimpan data-data materi pelajaran.
7)    Bidang Seni
Komputer digunakan dalam berbagai proses penciptaan lagu seperti penyusunan dan rangkaian nada. Selain itu juga dapat digunakan untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasikan “special effects”.
8)    Bidang Ilmu Pengetahuan (Science)
Penggunaan komputer untuk penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak, penelitian angkasa lepas, dapat juga digunakan dalam ramalan cuaca seperti mengambil gambar awan dan dikirim ke bumi.
9)    Bidang Pertahanan dan Keamanan
Komputer diciptakan untuk tujuan peperangan dalam sistem senjata, pengendalian, dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat.
10)  Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer lain dari jarak yang sangat jauh. E-mail adalah surat elektronik yang dikirim melalui komputer. E-mail merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer.
  


    Kemajuan dalam berkomunikasi semakin mudah dan cepat. Hal ini terkait dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat sehingga informasi yang akan disampaikan akan semakin akurat dan cepat. Media-media yang berperan dalam pertukaran informasi tersebut adalah televisi, telepon genggam (HP), email, video call, dan lain-lain.

    Teknologi informasi dan kehidupan masyarakat akan menjadi erat hubungannya karena dengan adanya media informasi tersebut masyarakat akan cepat mengetahui kabar terbaru dari lingkungan sekitarnya dan juga semakin menambah wawasan terhadap berbagai pengetahuan umum yang ingin diketahui melalui perangkat informasi tersebut.

    Perkembangan teknologi informasi telah  merubah cara berinteraksi sosial masyarakat. Dengan adanya era informasi mengakibatkan ketergantungan pada sumber energi, sumber pangan, dan sumber strategis lainnya.

    Teknologi informasi adalah suatu cara untuk mengolah data (memroses, mendapatkan, menyusun, memanipulasi, mempublikasikan data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas bagi masyarakat. Dengan adanya teknologi informasi kita dapat memperoleh dan mengetahui tentang informasi lebih cepat dan lebih luas jangkauannya.

    Teknologi informasi memberikan dampak terhadap masyarakat baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Dampak positif teknologi informasi antara lain kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas email, chatting; dengan teknologi informasi kita dapat berbelanja melalui situs-situs tertentu; kita dapat bertukar informasi dengan lebih cepat dan mudah. Dampak negatifnya antara lain munculnya situs-situs pornografi, meningkatkan plagiatisme, mengurangi sifat sosial manusia karena lebih cenderung menggunakan internet dalam berkomunikasi daripada bertemu langsung, akibatnya terjadi perubahan interaksi sosial, dan meningkatnya perjudian.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates